Apa saja yang perlu diperhatikan sebelum berkendara motor?

Sebenarnya disamping anda harus memperhatikan berbagai komponen penting seperti Rem, Busi, Ban Motor, Aki, Spedometer, Rantai, Karburator Motor serta lampu lampu yang ada di Motor anda, apakah bekerja dengan baik atau ada kerusakan? jika ada kerusakan, maka kita perlu melakukan service atau perbaikan mandiri untuk komponen tersebut, jika kita mampu untuk memperbaiki atau menangani sendiri. 

 

Jika tidak, tentu bengkel terdekat anda menjadi tujuan yang tepat, supaya anda nantinya nyaman dalam berkendara dan tidak mendapat kendala seperti motor mogok atau ban bocor, eh ternyata bengkel masih jauh.


Walaupun pada dasarnya, hal itu tidak bisa diprediksi ya, karena bisa saja ban tiba tiba nginjek paku kecil yang ada di jalan, atau jalan yang rusak tapi berduri.. hehe


setidaknya kita mengantisipasi dulu dengan memastikan bahwa kendaraan yang kita pakai itu dalam keadaan Normal dan Siap pakai untuk mendukung Safety Riding..

 


safety riding
Safety Riding | Photo by Shira K | RahmanCyber NET




Selain faktor diatas, anda juga perlu memperhatikan hal hal penting yang dapat membantu anda untuk meningkatkan safety riding 


Seperti beberapa Tips Aman Berlalu lintas di Jalan Raya yang disampaikan blog Otoraccy


Dimana poin poinnya adalah meningkatkan Toleransi di Jalan Raya, sehingga ketika berkendara, anda tidak membahayakan diri sendiri maupun membahayakan Pengendara Motor Lainnya.


Jalan Raya bukanlah tempat Balapan, Jalan Raya bukanlah tempat untuk Ajang Pamer... Jalan Raya merupakan bagian pendukung lancarnya tranportasi antar satu titik ke titik lainnya.


Nah perlu diperhatikan ya sobat Quesearch, karena ketika di jalan raya atau lalu lintas, anda pingin menang sendiri, maka itu akan berbahaya sobat. Apalagi anda arogan... maka akan dapat membahayakan diri anda sendiri atau bahkan pengguna jalan lainnya :) (Ini juga untuk mengingatkan diri saya sendiri.. )


Ini bukan masalah Title anda apa, kedudukan anda apa, yang jelas, Jalan Raya itu untuk Semua Orang dan status semua orang itu sama, tidak pandang Bulu. :)




Coba deh Perhatikan Apakah Aki Motor masih Oke

 

Setahu saya, ada 2 tipe aki Motor yang umum, yaitu Aki Basah dan Kering... 


Aki motor Basah biasanya memiliki tegangan 12 Volt yang menyimpan arus listrik dengan bantuan elektrolit asam sulfat (H₂SO₄). Aki tipe ini banyak di gunakan karena murah dan bisa digunakan berkali kali dengan perawatan rutin seperti mengecek ketinggian aki.



Aki Otoraccy Accu basah ini banyak tersedia di bengkel bengkel, kalau udah mulai surut, perlu di isi lagi airnya. Perlu diperhatikan juga, larutan jenis asam sulfat ini memiliki sifat keras dan korosif, sehingga jika tumpah dan mengenai bagian tubuh, akan sangat berbahaya.


Aki motor Kering atau biasa dikenal juga dengan sebutan Maintenance Free (MF). Walaupun kering, aki tipe ini juga memiliki larutan elektrolit guna mengaktifkan sel sel penyimpanan arus. Berbeda dengan aki basah yang mudah mengalami penguapan, kalau aki kering ini terdapat segel aki yang lumayan kuat untuk menahan penguapan elektrolit aki.

kelebihan dari aki kering adalah anda bebas dari haru mengecek ketinggian air aki seperti pada aki basah. Jadi anda tidak membutuhkan penggantian air aki secara rutin. Penggunaan aki kering pun bisa dibilang praktis. Tetapi walau demikian, umur dari aki kering ini lebih singkat ketimbang aki basah.



Aki bisa di Charge?

 

Iya, aki basah diliat dulu udah jamuran ato belum selnya, kalo belu, berarti masih bisa di charge. Kalau dari penuturan kawan kawan sih yang menjadi faktor aki masih bisa di charge yaitu voltasenya masih diatas 10 volt.., Penyebab jamuran biasanya karna tidak menambahkan air aki ketika low indikator.


Lalu apakah aki kering bisa di charge juga?  kata kawanku sih bisa... asal juga tidak dibawah 10 volt


Pengisian aki Kering dengan cara di cas menggunakan charger manual sendiri biasanya membutuhkan waktu 12 jam untuk pengisian yang lambat, dan 3 jam untuk pengisian cepat.

 



Tanda tanda aki udah mulai butuh perhatian, kita bisa cek

Biasanya paling gampang cek aki motor oke atau tidak, bisa ditandai dengan cek elektrik starter, jika masih oke buat starter.. maka aki masih oke.

Cara mengecek aki juga bisa dengan meraba permukaan depannya (Tetapi ini butuh dilepas penutupnya untuk mengetahuinya), jika sudah menggembung atau terasa menonjol pada permukaan casing akinya, berarti itu udah mulai rusak.

Cara lain bisa pakai voltmeter / tester volt meter. Dengan alat ini, kita bisa melakukan peninjauan terhadap voltase, dengan patokan kalo udah dibawah 10 volt, berarti itu udah tidak layak untuk di charge dan bisa dibilang drop, disarankan  segera diganti saja dengan yang baru... supaya performa kendaraan menjadi yahuddd :)

 

 

Coba dulu Remnya Oke atau Tidak...

 

Rem ini merupakan komponen yang penting ya, terlebih jika anda berada di jalan turunan..., Cara pengecekannya cukup dengan berjalan lambat, kemudian injek rem belakang untuk melakukan pengecekan terhadap rem belakang, lakukan hal yang sama untuk pengecekan rem depan.

Kalau Motor matic biasanya pakai rem tangan semua ya, jadi tidak diinjek, sedangkan motor karburator, biasanya kan ada rem tangan sama kaki.. hehe..

Kalau dirasa kurang nyaman atau tidak berasa.. udah gak usah pikir panjang lagi.. langsung ke bengkel, ganti kampas rem murah kok.. paling cuman 40ribuan aja termasuk masang, atau yang kualitas baik tidak sampai 200an ribu palingan...

 

Eits.. itu kampas ya, siapa tau kabel Rem Putus dimakan Tikus yang liar.. wkwkwk, sampai sampai kabel rem putus dilahapnya... :) - Hal ini jarang terjadi ya gan.. canda doang... 

 

 

Cek Spedometer Gan...

 

Hmmm, kalo spedometer sih sebenarnya fungsinya buat nunjukin ke kita berapa ya laju kecepatan motor anda... hehe, biar tau udah kelewat bates belum kecepatannya... kalo kelewat biar bisa turunin... :) sebenarnya ini juga butuh tapi disini saya anggap bukan faktor yang urgent..

Yang penting sebenarnya malah jarum petunjuk bensin... pernah nggak sih anda kedapatan bensin ternyata tiba tiba habis... dan pom masih jauh..


Nah, menurut saya ketimbang spedometer.. Jarum penunjuk status Bensin / bahan bakar ini jauh lebih penting.. 



Cek lampunya Utama gan...


Lampu ini sangat penting ya gan, terutama jika anda berpergian malam hari..  Cek lampu utama depan dan belakang... jangan diabaikan..

kenapa? pertama, lampu depan ( dan lampu sorot ) untuk menerangi jalan yang anda lalui.. kalau tidak ada, mungkin anda masih ketolong lampu jalan ya, tetapi bayangkan jika pas gelap gak ada lampu jalan.. bahaya nih gan..

Jadi anda perlu aware akan hal ini..

kedua, lampu belakang ( dan lampu rem )... jangan sepelekan juga gan.. walaupun anda beasumsi, tiap kendaraan memiliki lampu depan, tetapi jangkauannya biasanya terbatas, 


coba bayangkan, anda berkendara, tiba tiba mendapati ada motor yang lampu belakang yang berwarna merah itu mati.. kaget anda ternyata ada motor.. 

apa yang anda alami? dag dig dug khan... tb tb nongol aja tuh motor..


Maka dari itulah fungsinya lampu belakang..

kenapa lampu belakang dibuat warna merah standardnya? buat bedain gan.. lampu depan ama belakang...! makannya ini udah dipikirkan matang matang hal beginian.. coba bayangkan, jika ada orang memodifikasi motornya agar lampu belakang sama dengan lampu depan..


Imbasnya apa dengan pengendara motor / mobil dibelakngnya..

bisa kelabakan gan.. kaget, dikiranya... motor mau menuju kearahnya.. akhirnya anda ngerem.. ternyata! itu lampu belakang... kan GEGENG... :)

 

 

Cek lampu SEIN nya 

 

Lampu Sein atau yang biasa diartikan sebagai lampu belok yang biasanya ada dibagian depan dan belakang, masing masing ada lampu di kanan dan kiri, yang fungsinya untuk memberitahukan pengguna jalan lain, kemana arah kita akan berbelok... supaya? ya jelas, supaya pengguna jalan lain dapat ancang ancang atau siap siap untuk mengambil jalur sebaliknya... kalo anda sein ke kanan, berarti motor dibelakang akan bersiap ambil lajur kiri..

 

Gitu juga sebaliknya..

 

Lampu Sein ini umumnya kedap kedip ya bro.. warnanya kuning... memberi isyarat tegas sebenarnya hal itu dengan adanya kedipan...

 

Ingat loh, lampu sein ini adalah salah satu komponen wajib berlalu lintas..

Jangan sampai juga salah menyalakan lampu belok... misal mau belok kiri, eh malah yang nyala , lampu kanan.. hal ini berbahaya bagi anda maupun pengendara lainnya dibelakang atau didepan anda...

 

Cek lampu sein depan belakangnya ya.. kalo mati, belikan yang baru.. pasang sendiri kalo bisa.. kalo tidak bisa, minta tolong ke temen yang bisa atau bengkel sekalian beli, sekalian pasang..

 

 

 

Cek Rantai Motornya Gan


Sebenarnya asal tidak putus aja, rantai motor masih bisa digunakan, tapi permasalahan yang pernah saya alami adalah rantai motor kendor.. pada motor bebek yang berkaburator, biasanya bisa lepas sendiri nih rantai motor.. saya pernah nih, walaupun cara betulinnya adalah dengan di pasang sambil di puter bannya... tapi kan bahaya juga ketika kita sedang melaju di jalan raya.. tiba tiba rantainya lepas ( bukan putus ya )

Cara cek, anda bisa muter muter komplek, cari tanjakan... biasanya kalo rantai kendor, akan bergesekan dengan stand kaki dua...


 

 

Cek Businya Gan..

 

Biasanya ada jadwal penggantian rutin busi untuk menanggulangi performa busi yang udah ngedrop... Pengenalan tentang busi, pernah dibahas di artikel Pengenalan Busi Motor

Intinya Busi itu adalah komponen pemantik api kendaraan bermotor anda pada proses pembakaran mesin motor.

Jika busi bermasalah, tentu akan berakibat motor anda akan mogok...

 

Tetapi selain busi, juga rumahan businya / drat bermasalah bisa juga membuat busi lepas... alhasil mogok deh.  Seperti pengalaman yang disangka busi, eh ternyata dratnya

Bentuknya seperti skrup gitu deh.. tapi lebih rapet.. nah kalau udah gopel/aus/dol/slek jalurnya ya, bisa membuat businya nyembur... wkwkwk


Cara cek... sekalian keliling komplek sana.. :) tapi, kalo lupa jadwalin ganti busi seperti yang dibahas pada pengenalan busi diatas, bisa bawa busi cadangan, jangan lupa kunci busi ( salah satu perkakas motor penting ). Tanpa kunci tersebut.. sangat sulit untuk melepas busi...




Cek ban motor depan dan belakangnya gan


Ini sih sebenarnya lebih mudah, karena kita bisa memencetnya, kalo kempis banget, ya di pompa.. gampang dilihat kok kalo untuk bocor yang besar, karena akan kempis drastis..


tetapi kalo bocor alus itu deh yang kadang tidak bisa diprediksi.. makannya saya sendiri pun biasa bawa pompa kecil buat jaga jaga...


Setidaknya bisa menolong untuk menuju ke bengkel motor, terutama tambal ban / ganti ban.



Motor anda tersendat sendat? Karburatornya itu kali..


Biasanya kalo motor udah mulai tersendat sendat itu perlu di service gan.. biasanya gejala yang nampak ketika di gas pas jalan nanjak... kayak ngap ngapan...

Entar dibersihin karburator yang udah kotor... :) karena karburator ini lah yang membuat transmisi ke bahan bakar lancar.. semacam jalur suplay bensin ke silinder pembakaran mesin gitu deh.





Itulah beberapa pon yang perlu diperhatikan, selain itu... jangan lupakan  Tips Aman Berlalu lintas di Jalan Raya




Kesimpulan 

 

Jika anda ragu atau dirasa tidak bisa mengatasinya sendiri, saya sarankan langsung ke Bengkel terdekat saja, bisa bengkel langganan umum, atau langganan resmi misal Honda ke AHASS cabang terdekat..

Seperti permasalahan aki juga, karena biasanya disitu lebih lengkap peralatannya, dan lebih terjamin.. :) Makannya ini sih perlunya service rutin.. hehe 

 

 

Semoga artikel Jawaban "Hal yang perlu diperhatikan sebelum berkendara motor" ini bermanfaat menambah wawasan Penanya yak.. :)