Accismus, Lethologica, Jouska, Munchausen, Erotomania itu Apa?

Beberapa istilah yang disebutkan tersebut merupakan istilah psikologis gan...   Y sebenarnya sudah pernah kita temui dan rasakan dalam kehidupan sehari hari, mungkin agan semua pernah merasakannya. Entah itu orang lain berbuat demikian, atau malah agan sendiri yang mengalaminya.


Sekedar pengetahuan ya..


Quesearch akan coba bahas satu persatu.. tenang..


Jangan lupa sediain minuman.. paling bagus si Air Putih gan... :) Tapi kalo saya biasanya sambil ngopi kalo nulis.. :) enak pas lagi panas.. ehehe




delusi cinta





Apa sih itu yang dimaksud Accismus ?


Keliatannya kalo kita menulis cerpen, novel atau cerita ada istilah istilah semacam itu, kesannya seperti intelek banget ya.. :)

Padahal Accismus sendiri memiliki makna "Berpura - pura tidak suka pada seseorang, padahal sangat - sangat - sangat  menyukainya" ya bisa dibilang Ja'im gitu, 

Ane tau hal ini karena riset.. hehe


Ternyata ada hal semacam itu.. ya sekalian belajar bukan..


Kalo dalam referensi, Encyclopædia Britannica 1823 menulis bahwa accismus kadang-kadang dianggap sebagai kebajikan, kadang-kadang sifat buruk.


Kalo dalam anime itu, contohnya seperti Makise Kurisu / Kurisu Makise (牧瀬 紅莉栖) yang merupakan salah satu main karakter bersama Rintarō Okabe / Okarin / Kyouma Hououin dalam serial fiksi Science Adventure...  Steins;Gate.


nah.. tetapi tidak terbatas hanya pada klaster suka sukaan .. karena sebenarnya pengertian yang lebih general adalah penolakan dengan pura-pura terhadap sesuatu yang sungguh-sungguh diinginkan.


Apakah anda pernah mengalaminya...?

Kalau saya pernah..

Jadi waktu itu waktu kecil pas lagi usum Tamiya.. teman teman semua pada beli..

Aku sadar bahwa aku tidak akan bisa dibelikan waktu itu karena alasan ekonomi..

Aku pun berpura pura tidak tertarik.. ketika dihadapan orang..


Padahal aku begitu ingin memilikinya..

Tetapi, aku begitu tahu keadaan ekonomi orang tua.. ^_^











Apa sih arti Lethologica ?


Lethologica itu sebenarnya lebih ke diri sendiri....

Ketika agan Tiba tiba lupa dengan kata yang ingin diucapkan, padahal tadi sudah ada di otak agan...


Semakin dipikirkan apa itu.. semakin pusing, puyeng.. makannya solusi paling tepat adalah membiarkannya lupa.. tanpa menyesal..


Tetapi kadang beberapa saat kemudian, malah keinget..

padahal orang yang kita ajak bicara, mungkin udah terbang ke luar negeri.. :)



Apa sih yang di maksud istilah Jouska?


Jouska itu adalah istilah untuk kita yang berbicara dengan diri sendiri,  di dalam pikiran kita sendiri.


Jadi semacam prolog tanpa diucapkan tapi ya..

orang lain enggak tau akan hal ini..


Kalo di gambarkan seperti kamu nonton acara sinetron.. kadang mereka mbatin.. 


Kalo di dalam anime, mungkin hal itu mirip Yugi.. dalam serial Yugioh Duel Monster...

Tetapi sayangnya, di serial itu kan ada Yami Yugi / Jiwa lain yang merasuk di tubuh Yugi Mutou... hehe

dan kadang bisa berganti fisik malah... :)


Jadi sepertinya tidak cocok deh untuk contoh penggambaran Jouska ini.. hehe


Yang paling tepat adalah Sinetron indonesia.. wkwkwk




Apa itu Munchausen ?


Munchausen ini dapat diartikan jika kamu Sering berpura pura sakit atau sedih demi mendapatkan perhatian


Berpura pura mengalami sakit tertentu, misal batuk batuk ( padahal enggak ) agar ada orang yang kasih support kamu..


dalam beberapa artikel, seperti yang ada di https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2697263/sindrom-munchausen-pura-pura-sakit-untuk-mendapat-perhatian#:~:text=Orang%20dengan%20Munchausen%20Syndrome%20sering,Misalnya%2C%20mengontaminasi%20hasil%20urine.

itu malah menyebutkan ini sebagai Syndrom... dimana terjadi pada pasien yang pura pura sakit untuk mendapat perhatian dan simpatik.

Berbohong dengan berpura-pura sedang mengalami gejala tertentu, penuh manipulatif.

Tapi apakah sadar apa yang dilakukannya?


disana disebutkan bahwa Pasalnya, orang-orang dengan sindrom munchausen umumnya tidak menyadari bahwa apa yang dilakukannya merupakan pengaruh gangguan mental. 


Sebenarnya sampai disini saya merasa bingung.. 

Apakah hal itu disengaja atau dia hanya ketakutan akan sesuatu sehingga menimbulkan gangguan semacam anxiety...? tapi kan anxiety itu orangnya pun tidak mengharapkan hal itu terjadi, tetapi rasanya seperti mengalami hal tertentu.. tanpa adanya niat untuk cari simpatik..


Dalam pengertian di Wikipedia sendiri disebutkan bahwa ini salah satu sindrom..


Sindrom Münchhausen adalah istilah untuk penyakit mental dimana orang menciptakan gejala atau penyakit pada diri mereka atau anak mereka untuk mendapat investigasi, penanganan, perhatian, simpati dan kenyamanan dari tenaga medis. Dalam beberapa hal, orang yang menderita sindrom Münchausen memiliki pengetahuan medis yang tinggi. Contohnya orang yang terkena sindrom ini menyuntik diri mereka dengan beda yang terinfeksi, sehingga harus dilakukan analisis medis dan memperpanjang masa inap mereka di rumah sakit. - Wikipedia



Maka dari beberapa temuan saya tersebut, dan artikel artikel lain yang saya baca dan pelajari.. Sindrom ini.. ada yang membedakan dengan gangguan Psikosomatis..

Psikosomatis merupakan hubungan antara pemikiran atau psikis yang bisa mempengaruhi kondisi tubuh atau sebaliknya, Penyakis psikosomatis terjadi karena stres emosional yang menyebabkan rasa sakit fisik atau gejala lain


secara harfiah psikosomatis adalah penyakit yang melibatkan pikiran dan tubuh. Memang dalam banyak kasus penyakit, kondisi mental yang kurang baik juga memengaruhi tubuh seseorang hingga memicu penyakit atau memperparah penyakit yang sudah ada. - https://www.halodoc.com/artikel/8-tanda-mengalami-gangguan-psikosomatis


Jadi hal ini menjadi kesimpulan pada pembahasan ini, bahwa hal yang membedakan antara Munchausen dengan sindrom yang hampir mirip.. seperti psikosomatis... adalah, kalau Munchausen itu disengaja, sedangkan sindrom psikosomatis itu tidak... walau keduanya sama sama gangguan mental / psikologis.





Kalau Erotomania itu Apa?


Jika kamu memiliki Keyakinan bahwa seseorang jatuh cinta kepadamu, padahal sebenarnya tidak..

itu kamu bisa di sebut mengalami Erotomania / yang biasa dipahami Delusi Cinta.


Jadi kamu begitu yakin bahwa kamu ditaksir seseorang.. padahal sebenarnya sih biasa saja dan malah ternyata tidak sama sekali.. atau itu hanya anggapan perasaanmu saja..


Berat sebelah dong? Iya..


Perlu diketahui, istilah ini sudah ada sudah ada sejak tahun 1885 seperti laporan dalam Journal of the National Medical Association tahun 1980, sindrom ini pertama kali dijelaskan oleh G.G. De Clerambault pada tahun 1885. 


Situasi ini bisa berlangsung berminggu minggu, berbulan bulan bahkan bertahun tahun loh.


Bisa dibilang, kemungkinan Erotomania ini merupakan salah satu gangguan kejiwaan yang termasuk skizofrenia / gangguang jiwa ketika seseorang mengalami gangguan suasana hati dan halusinasi 


Gangguan yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk berpikir, merasakan, dan berperilaku dengan baik.

Penyebab pasti skizofrenia tidak diketahui, namun kombinasi genetika, lingkungan, serta struktur dan senyawa kimia pada otak yang berubah mungkin berperan atas terjadinya gangguan.

Skizofrenia ditandai dengan pemikiran atau pengalaman yang nampak tidak berhubungan dengan kenyataan, ucapan atau perilaku yang tidak teratur, dan penurunan partisipasi dalam aktivitas sehari-hari. Kesulitan dalam berkonsentrasi dan mengingat.

Penanganan biasanya seumur hidup dan sering melibatkan kombinasi obat psikoterapis, dan layanan perawatan khusus terkoordinasi. - Sumber Kutipan

.



Solusinya adalah : Katakanlah pada seseorang tersebut untuk mendapat kepastian.. Jadi kalo memang tidak ya tidak..  kalo iya ya iya.. hehe

daripada terus terlarut..


Tapi.. pada kenyataannya maju mundur ya.. ^_^ 

Malu gitu... kalau terjangkau usahakan saja.. biar tidak menjadi gangguan yang menumpuk.. Siapa tau ternyata beneran suka sih orangnya,... :)





Nah, itulah beberapa jawaban dari pertanyaan Accismus, Lethologica, Jouska, Munchausen, Erotomania itu Apa?





Semoga bermanfaat untuk anda..  agan... dan kamu..




Salam

Dr. Psiko 




Tambahan...


Ini saya kasih pengertian dari Pareidolia




Apa sih itu Pareidolia?

Hal ini terjadi ketika kita ngeliat bentuk wajah, tulisan atau menyerupai bentuk makhluk hidup tertentu

Istilah pareidolia ini sendiri berasal dari bahasa Yunani, gabungan dari dua arti kata, yakni 'suatu yang salah' dan 'gambar'.


Pareidolia adalah sebuah fenomena psikologis yang melibatkan stimulus samar-samar dan acak yang dianggap penting. Contoh umum termasuk melihat gambar binatang atau wajah-wajah di awan, melihat pria atau kelinci di permukaan Bulan, atau mendengar pesan tertentu di rekaman yang dimainkan secara terbalik. Sumber : Wikipedia



Lalu, apakah ini menjadi suatu hal yang perlu dikhawatirkan.. apalagi ketika yang dapat melihat semacam itu ada banyak orang.. misalnya bentuk Wajah di Awan.. banyak orang yang juga ngeliat hal yang sama...?


Otak manusia punya area yang memiliki tugas untuk pengenalan dan persepsi akan wajah, yaitu pada bagian depan (frontal) dan samping (temporal) otak. 


Sebagian ahli berpendapat, beberapa orang memang terlahir dengan kecenderungan untuk langsung memproses suatu benda mati menjadi bagian-bagian wajah tertentu sehingga pareidolia dianggap sebagai sesuatu yang normal, tak perlu dikhawatirkan.


Apakah ente mengalaminya.. pernah liat video di youtube yang memperlihatkan gambar tertentu dan penontonnya disuruh nebak.. itu gambar apa? kalo kamu bisa nebak, berarti Pareidolia dong.. :)

Berarti kalo kamu gak bisa nebak.. berarti kamu sehat? karena dari pendapat ahli sih seperti Hello Sehat com


Kalau Pareidolia adalah suatu fenomena yang bisa didiagnosis dengan melakukan tes berisi gambar-gambar tertentu. 


:) tapi tidak perlu di khawatirkan.. karena Belum tentu fenomena tersebut merupakan penyakit, terlebih memang sampai saat ini belum ada bukti yang kuat antara hubungan pareidolia dengan penyakit otak tertentu.