Apa yang membuatmu menjadi lebih baik?

Sob, kenapa anda terssesat di postingan ini, saya yakin, anda sedang mencari tips mengatasi "beratnya permasalahan" betulkah? 

 

Kita semua memang memiliki porsinya masing masing dan tiap orang memiliki skenario yang berbeda beda perihal ini, kadang timingnya pun berbeda, bisa jadi permasalahan tersebut hadir dari orang terdekat anda...

 

Tidak hanya anda, saya pun kadang juga sama... kadang ada kalanya sangat bosan, ada kalanya rasanya berat banget... tetapi dari situ, kita belajar hal penting "yaitu cara mengatasinya" saya yakin tiap orang dapat berbeda beda mengatasi dirinya yang sedang down.. 


Sedangkan yang saya bagikan disini adalah cara saya mengatasi dan memompa semangat lagi... terlebih agar menjadi lebih baik, karena ketika semangat kita membaik, maka kita akan memiliki energi untuk menghadapi tembok tembok di depan kita...


 

1. Kemaren kemaren, sekarang sekarang, besok besok

 

 

dieng
Dieng Pixabay | R4CProject

 

 

Ini sebenarnya mengajarkan kita untuk tidak tenggelam dalam merenungi masa lalu dan membedakan sebuah prioritas. Kadang kita sendiri pun terlalu berkutat dengan pertanyaan pertanyaan berulang "kenapa kemaren aku enggak gini... kenapa kemarin aku enggak gitu" - yang sebenarnya itu seperti melalaikan apa yang harusnya bisa kita usahakan waktu ini...


Karena, apa yang kita lakukan sekarang, itu merupakan tonggak untuk besok dan masa depan, dan bisa jadi itulah yang dapat memperbaiki masa lalu kita.


 

2. Legowo

 

 

legowo

 

 

Sikap ini dapat menyelamatkan kita dari beragam masalah hati..  ya terhindar dari penyakit hati.. karena jikalaupun kita yang disalahi, sebenarnya bukan kita kan yang menanggung beban...?

 

Ingat, jika di dalam agama islam itu ada yang namanya Surah At-Tin, disitu dijelaskan "Penciptaan manusia" dan penegasan bahwa Allah SWT / Sang Pencipta itu adalah Hakim yang Paling Adil sob...

 

Orang yang menebar benih kebaikan, akan menuang kebaikan, begitupun juga sebaliknya..

 

Maka Berhati -hatilah dalam Slice of Life ini..  saya di Inteenbisnis berprinsip, bahwa bisnis itu enggak mengejar profit aja, apa apa diterjang, merugikan orang lainpun juga diterjang untuk memukuk kekayaan... itu tidak baik sob..

Berbisnisyang sehat, fair play dan tentunya tidak merugikan orang lain, tentunya rejeki yang kita dapatkan, insyaAllah berkah dan tidak menimbulkan mudharat kedepannya.

 

 

3. Cintaiah dirimi dulu sebelum mencintai orang lain

 

 

Cintailah dirimu sendiri dulu
Yourself

 

 

Ya, ini adalah dasarnya... karena ketika kita tidak mencintai diri sendiri... biasanya mencintai orang lain itu hanya karna maksud tertentu aja.

 

4. Tidak ada yang sempurna melainkan Sang Pencipta

 

 

berdoa

 

Ketika kita beranggapan bahwa kesempurnaan hanyalah milik Sang Pencipta atau Allah SWT, maka semua akan menjadi lebih menentramkan, karena kita tidak melulu menetapkan target kesempurnaan yang pada ujungnya membuat diri kita sendiri yang kuwalahan...

 

Contoh, bidang jasa.. anda berusaha sebaik baiknya bahkan ber jam jam... tetapi ketika anda tunjukkan ke klien "revisi", karena? standard tiap orang berbeda beda.. jadi buatlah sebaik mungkin sesuai standar dan kemampuan diri, perhitungkan semuanya, seperti waktu pengerjaan dengan hasil yang nanti kita dapatkan.. jangan sampai kita juga malah Dzolim pada diri kita sendiri... yang bisa jadi nanti ujung ujungnya "Menggerutu", Curhat di Forum Forum.. "Kurang dihargai, si klien gak berakhlak" atau curhatan lainnya yang malah sebenarnya itu enggak perlu..

 

Maka penting hal ini kita pahami... agar? diri kita menjadi lebih baik... karena ketika seimbang, maka kita pun juga akan dapat berpikir dengan jernih bukan..?

 

 

5. Lakukan sekarang, jangan ditunda

 

lakukan sekarang
Now!

 

 

Penundaan sebenarnya merupakan masalah terbesar saya waktu itu, jadi saya menunda beragam potensi yang mungkin dihadirkan untuk saya sebagai gerbang rejeki yang dapat saya tunai dikemudian hari...

 

Ya, penundaan benar benar membuat pikiran jadi berat.. jadi kerjakan .. kerjakan... kerjakan, semampu kita, jangan menunda akibat malas - malasan... Oke MySelf!

 - Aku Aku Aku kan Melaju

 


6. Jujurlah


kejujuran
Kejujuran - Lihatlah kumpulan batu itu...



Yup! bagaimanapun juga, berbohong itu biasanya akan melahirkan kebohongan lainnya, semakin banyak berbohong.. maka itu benar benar akan kepikiran mulu..

 

Jadi walaupun sebenarnya berat, tetapi itu bisa menjadi lebih plong.. | Shira


Tetapi anda perhatikan, contoh.. jika anda tidak menyukai apa yang seseorang sampaikan dalam sebuah forum, jangan menunjukkannya kekesalan anda secara langsung didepan umum, apalagi dengan nada merendahkan, karena benar - benar itu akan sangat melukai hatinya.. dan akan susah untuk lupa..


Jika anda ingin jujur, bicaralah berdua dengannya, insyaAllah itu akan lebih baik.. ini seperti seorang sahabat yang mengingatkan sahabat, setidaknya kita berhasil jujur padanya, bukan malah membicarakan ia dibelakangnya.. dan jadi menyebar kemana -mana, apalagi kalau fitnah.. "BERBAHAYA"


Harap bedakan denga forum bertukan pendapat ya, kalo dalam forum bertukar pendapat itu wajar yang namanya tidak setuju, karena konteksnya anda bertukar pendapat dan semua speak up.. bukan mencaci atau bahkan memojokkan, merendahkan di muka umum... 


Ya, ini adalah pelajaran akhlak yang saya dapatkan dari guru saya dulu, untuk menghindarkan "Sombong, Iri, Benci"


Contoh lain, jika anda memang tidak sanggup menolong teman anda, bilanglah yang sejujurnya.. daripada menggerutu dibelakang / terpaksa menerima...






Itu 6 Poin sementara yang tertulis di Artikel "Apa yang Membuatmu menjadi Lebih Baik" ini, Ingat, yang saya tulis ini benar benar dari hati.. bukan meraup keuntungan atau mengejar DUIT.  jika anda ingin menambahi jawaban, dipersilahkan untuk menambahkan di kotak komentar.. 




Jyaaa...