Apa sih itu Caladine? Gunanya untuk Apa?

Pertanyaan tentang kedokteran, akan saya jawab secara googling..


Apa sih itu Caladine?


Jadi Caladine itu fungsinya mengobati gatal karena biang keringat, udara panas, gigitan serangga, dan juga dapat dijadikan sebagai antialergi, dan memberikan efek penyejuk pada kulit.

Setahu saya ada Lotion dan Powder. kalo yang powder kayak gambar ini...



benarkan ya kalo saya salah.. hehe


Bahan Aktif Caladine


 
Caladine mengandung bahan aktif seperti 5% calamine, 10% zinc oxide, dan 2% diphenhydramine hydrochloride yang bermanfaat untuk meredakan gatal di kulit akibat alergi, iritasi, dan gigitan serangga. Caladine memiliki efek sebagai antialergi, antiseptik, dan penyejuk kulit.



Lotion Caladine ini termasuk dalam golongan bedak bebas, seperti yang saya rujuk untuk informasinya.. https://www.alodokter.com/caladine-lotion



Kedua jenis Caladine ( Powder dan Lotion ) memiliki komposisi yang sama, sebagai pembedanya untuk powder berupa bedak, sedangkan lotion berupa lotion untuk dioleskan

Sumber referensi : https://www.klikdokter.com/obat/caladine





Penggunaan Caladine



Caladine dalam bentu Powder / Bedak, cara penggunaannya adalah ditabur pada bagian tubuh yang membutuhkan, seperti halnya kita memakai bedak pada umumnya. Bisa ditaburkan sehabis mandi atau bila sedang berkeringat.
 
Sedangkan, Caladine dalam bentuk lotion, cara penggunaannya bisa dioleskan Caladine Lotion setelah mandi sebanyak 2-4 kali sehari. Penggunaan Caladine Lotion ini hanya untuk pemakaian luar sehingga tidak untuk digunakan pada luka terbuka atau luka bakar.




Kemasan Caladine



Karena memang ada 2 jenis caladine yang beredar di pasaran, jadi kemasannya pun juga berbeda untuk Lotion dan Powder.

Caladine Powder memiliki Kemasan Botol 60 Gram; Botol 100 Gram.
sedangkan Caladine Lotion memiliki Kemasan Botol 60 mL; Botol 95 mL.

Jadi kalau anda pengen beli, tinggal tentuin aja mau caladine yang lotion atau powder, terus mau yang isi berapa, disitu sudah saya kasih tau ya..

Jadikan itu untuk membantu anda mencari produk, misal di Toko Online..


Contoh : Caladine Powder Botol 100Gram.









Apa sih efek samping yang ditimbulkan dari Caladine Lotion ini?


 
Caladine Lotion aman dari informasi yang saya dapatkan, merupakan golongan obat yang aman untuk digunakan.

Namun, tetap saja pada sebagian orang, kemungkinan muncul kasus yang jarang terjadi, seperti ruam dan iritasi,

Karena kandungan diphenhydramine hydrochloride, calamine, dan zinc oxide yang terdapat di dalam Caladine Lotion bisa menimbulkan reaksi alergi. Periksakan ke dokter bila muncul gejala alergi obat, seperti kulit menjadi bengkak atau sesak napas.