Bagaimana Cara Mengatasi tidak dapat mengenali Peta Situs di Google Search Console ?

Sebagai web administrator ( bahasa kerennya pengelola blog ), setelah melakukan beberapa update di blognya, atau semisal dia membuat blog baru, maka sesuai dengan tutorial SEO pada umumnya yang menyarankan untuk mengidentifikasikan blognya di Google Search Console supaya dapat mudah dan cepat dikenali oleh penelusuran google.

Sitemap


 

Saya sudah pernah bahas di artikel waktu lampau, tentang sitemap, disitu saya jelaskan cara melakukan input sitemap di Google Search Console, sekaligus bagaimana cara membuat halaman sitemap sederhana.


lalu, bagaimana jika tadinya input sitemap.xml sukses, tetapi ketika kita input lagi malah tidak dapat mengenali Peta Situs.



Seperti ini :

 

 

Cara Mengatasi Google Search Console tidak dapat mengenali Peta Situs
Cara Mengatasi Google Search Console tidak dapat mengenali Peta Situs | Rahmancyber.net

 

 

Apa yang menyebabkan Google Search Console tidak dapat mengenali Peta Situs?



Ini merupakan kasus yang kebetulan saya alami ketika maintenance salah satu blog lain :)


Sebelumnya itu sudah sukses kok, tetapi karena saya melakukan update artikel dan menambah beberapa artikel juga, maka biasanya saya melakukan "memasukkan ulang sitemap.xml" sehingga nanti akan dirayapi ulang.

 

Setelah itu baru melakukan Inspeksi URL satu persatu untuk postingan baru, fungsinya apa? supaya lebih cepat di-index google.


Pada beberapa kasus, saya berhasil melakukan hal itu, memang sih biasanya juga muncul tidak dapat mengenali Peta Situs berwarna merah, seperti yang tertera pada gambar kasus peta situs tidak dikenali diatas itu, tetapi tidak lama ketika saya refresh browser, maka akan berubah sukses berwarna hijau.

 

Lalu kenapa pada kasus tersebut, saya coba untuk melakukan muat ulang browser, ternyata tetap aja tidak bisa?


Saya mendapatkan kesimpulan, dari kasus ini, karena tentu saya mengidentifikasi langkah yang saya lakukan tadi...


Saya melakukan pendaftaran ulang property 


tambah property google search console
Tambah Property Google Search Console


Kenapa? 

 

Agar nanti kalau mau tambah sub domain tidak pusing masukin satu persatu property https.. seperti yang anda lihat disamping property domain, yaitu memakai awalan http / https.


Jadi disini kamu perlu bedakan ya sobat q yang sangat aqu sayangi.. :)


Ketika anda melakukan register Property Domain, maka ketika anda menambahkan subdomain, akan langsung tambah sendiri secara otomatis... :), jadi tidak perlu identifikasi lagi untuk peta situsnya ketika sudah anda atur dan masukkan di Property Domain...


Berbeda jika sebaliknya yang saya lakukan diatas, saya membuat property https dulu... sedangkan ketika saya buat property domain, maka akan terjadi sinkronisasi ulang deh, yang menyebabkan peta situs tidak dikenali


atau Agak lama untuk mengenalinya... :) tapi tenang aja kok... 



Kelebihan, anda memakai property domain, anda bisa :

 

  • melakukan inspeksi URL, 
  • melakukan Input Peta Situs jadi satu, 
  • sehingga intinya seluruh sub domain anda, di kontrol dalam satu property domain.


Sehingga nantinya untuk hasil rekap data keseluruhan akan menjadi satu :) juga termasuk Query yang didapatkan oleh subdomain anda!


Ini saya sudah Studi Kasus ya, alias bukan Asal Ngomong... :) hehe..




Bagaimana Solusi Mengatasi Google Search Console tidak dapat mengenali Peta Situs?


Oke langsung aja, sekaligus sebagai penutup jawaban pertanyaan tentang Mengatasi Google Search Console tidak dapat mengenali Peta Situs di QueSearch.


Bagaimana Cara Mengatasi Google Search Console tidak dapat mengenali Peta Situs?
Bagaimana Cara Mengatasi Google Search Console tidak dapat mengenali Peta Situs?



Sudah lihat ya sob? disitu sudah sukses...

 

Sehingga Case Closed! Cara mengatasinya, anda harus menunggu 1 jam, jika masih belum bisa, 2 jam... kalo pusing ngukur waktu, ya.. anda masukkan kembali besok harinya... :)


Jadi anda harus melakukan Input Ulang, bagaimana dengan peta situs sitemap.xml yang sudah saya input? Peta situs yang sudah anda input, biarkan aja.. karena nanti akan menimpa yang lama...


Tenang aja...



Hasilnya? ya pada gambar Peta Situs Sudah dikenali diatas di Google Webmaster.


Pada gambar tersebut, saya baru memasukkan ulang sitemapnya ya guys! jadi saya perlu masukkan lagi yang masih merah tersebut diatas... :)



Udah ya gan berarti.. beres... Jangan lupa untuk menyimak tutorial blogger lainnya di Tutorial Blogger RahmanCyber Pusat, atau Tutorial dalam bentuk video di Youtube RahmanCyber.NET


Oh iya... anda harus memasukkan ulang ya sitemap nya, kalo tidak maka statusnya tidak berubah :) mau anda tunggu sampai berhari - hari juga kemungkinan tetap merah.. Jadi kuncinya.. anda sabar dan  submit lagi peta situs dan feed feed lainnya diatas, sudah saya sertakan di tutorial....


 

 

 

Semoga dapat menjawab kegelisahan Sobat..

Jika punya pertanyaan, silahkan kirimkan ke FP Quesearch Resmi