Bagaimana Cara burning file Iso ke DVD untuk buat Bootable Disc?

Membuat bootable DVD di PC Windows Itu sebenarnya mudah karena memang banyak sekali alternatif yang bisa kalian gunakan untuk dapat melakukan pemindahan file dari sebuah paket iso ke kepingan DVD.  beberapa Mungkin memang ada yang berbayar dan ada juga yang gratis dan Pada kesempatan kali ini di sini kita membahas tentang bagaimana caranya burning file iso ke DVD untuk membuat bootable disk Installer dengan software gratis.

 pertama-tama kalian perlu persiapkan dulu teman-teman untuk DVD Blank dan DVD writer nya kira-kira seperti ini nih untuk ilustrasi gambarnya langsung dari tempat produksi kita.

 kebetulan di sini kita masih memiliki DVD writer zaman dahulu kala sehingga kita bisa bahas di sini tepatnya di tempat produksi konten kita ini.





pastikan untuk file ISO nya itu tidak lebih dari kapasitas dari DVD Blank yang kalian gunakan karena kalau lebih maka tidak bisa di burning teman-teman makanya Kenapa kok sekarang ketika kalian untuk mencari file iso di mana file iso itu memiliki size yang sangat -besar semisal sampai 7 giga maka alternatif paling memungkinkan ya menggunakan flashdisk ataupun micro SD dengan bantuan rufus untuk membuat bootable dengan kapasitas lebih  besar.

pastikan kalian sudah download file iso-nya misalnya kalian bisa download dari WEB Microsoft untuk membuat bootable Windows.

Setelah kalian masukkan DVD kosongnya nah lalu di sini kalian bisa langsung download saja yang namanya free iso burner nah kira-kira seperti ini untuk screenshot-nya kalian bisa lihat step by step-nya sampai ketika kalian itu  burning ke DVD Blank.










nah kira-kira seperti itulah ya untuk gambaran Bagaimana caranya membuat sebuah beautiful kiss dari file ISO yang di burning ke DVD Blank.

 cuman di sini admin pernah membuat sebuah bootable dari file iso yang ukurannya 4,48 GB tetapi ternyata gagal di burning ke DVD Blank dengan kapasitas 4,7 GB,  nah saya tidak tahu ini kenapa bisa jadi ada kurang dari kapasitas Harusnya sih bisa tetapi ini nggak bisa apa kamu mungkin di sini lebih aman tidak lebih dari 4 giga ya.


 Nah kalau begitu memang untuk saat ini membuatku ke DVD sudah tidak memungkinkan lagi jika kalian menggunakan ukuran DVD Blank yang hanya 4,7 GB,  kecuali jika file iso potable-nya itu memang kecil-kecil contohnya aja adalah file-file iso installer Linux itu biasanya masih kecil-kecil teman-teman walaupun untuk beberapa distro lainnya itu ada yang ukurannya sampai beberapa tiga yang tentunya itu biasanya di dalamnya sudah terdapat aplikasi-aplikasi atau software software yang bisa langsung di install secara offline. 


 Oke kira-kira seperti itu semoga bermanfaat bye