Apa Saja Software Pengolah Audio yang Kamu Ketahui?

Haii Sobat QueSearch, Untuk menjawab pertanyaan ini, seputar software.........mari kita mulai

Oke, berarti ini "Perangkat lunak" yang berkaitan erat dengan audio, sedangkan audio sendiri berarti suara, bisa juga sound, entah itu sound pendek berupa sound effect, maupun beberapa bunyi yang sudah dirangkai menjadi satu kesatuan.

 

Ada buanyak banget Software Pengolah Audio...

Mungkin anda berpikir "pengolah audio" hanyalah Audacity atau Adobe Audition.... yup! tidak hanya itu... bahkan DAW pun juga bisa dtermasuk Software Pengolah Audio...

 

 

audio

 

 

 

Mari kita jabarkan berdasarkan beberapa yang saya ketahui..

 

 

1. Audacity (The Audacity Team)

 

Perangkat lunak yang dirilis 28 Mei 2000 dengan bahasa pemprograman C dan C++ cukup terkenal sekali di dunia Open Source sebagai software gratis yang memiliki beragam fitur penunjang untuk mengolah audio, entah itu memperbaiki audio yang terlalu banyak noise, maupun menambahkan berbagai macam efek - efek yang menarik untuk membuat audio tersebut menjadi berbeda - beda feelingnya ketika didengarkan.

Anda bisa mengunjungi website officialnya https://www.audacityteam.org

Audacity berada pada GNU General Public License v2

dan tersedia di berbagai platform atau cross platform, bisa di Linux (Audacity Linux), Windows (Audacity Windows) dan Mac OS (Audacity Mac)



2. Adobe Audition (Adobe Inc)

 

Perangkat lunak untuk pengolah audio yang dikembangkan oleh Adobe Inc. Sama seperti audacity, untuk adobe audition ini bisa merekam, mixing, mastering, dan mengedit audio.

Adobe audition ini di rilis 18 Agustus 2003.

Fitur yang menarik di adobe audition menurut saya adalah noise reductionnya... jika bisa menggunakannya, anda bisa mendapatkan hasil maksimal.



3. FL Studio (Image-Line)

Perangkat lunak pengolah audio yang dirilis 18 Desember 1997 dan dikembangkan Image-Line ini lebih lengkap lagi, disini anda bisa menghubungkan dengan Midi Controller, yang memungkinkan anda mengkombinasikan Sound VST berdasarkan melodi dan beat yang anda buat.

Selain itu dengan tambahan plugin, anda bisa mengolah audio menjadi lebih kaya lagi.


lebih lengkapnya, anda bisa baca artikel di rahmancyber sebelumnya - baca disini tentang FL STUDIO


Tapi, sayang sekali, FL Studio hanya bisa di install di Windows dan MacOS.. artinya dilinux untuk sekarang ini tidak ada installer resminya..

 

Jika anda tertarik dengan FL Studio, anda bisa mengunjungi websitenya.


Oke deh, bisa di Install di Linux, tapi harus pake tambahan, yaitu Wine sebagai Windowsnya Linux.

Tapi tentu, gak maksimal, seperti ketika benar benar mendapat dukungan dari developernya..


FL Studio banyak juga digunakan oleh Musisi... musisi... :) terutama yang bermain di elektronik music :) , seperti si A.Ks wkwkwk



4. Studio One (PreSonus)

 

Perangkat lunak audio yang dirilis 27 September 2009 ini, juga mirip FL Studio, tidak hanya mengedit audio saja, kita juga bisa membuat musik dengan menggabungkan beberapa sumber dari VST yang dimainkan dengan MIDI Controller.

Karena lengkap.. Studio One ini sama seperti FL Studio, masuk dalam golongan digital audio workstation (DAW), karena disini kita bisa instal VST yang bermacam - macam untuk memperkaya perpustakaan Audio kita :), sehingga dalam music production menjadi lebih berwarna...

 

Studio One ini dikembangkan oleh PreSonus Audio Electronics, Inc. yang merupakan produsen peralatan dan perangkat lunak audio profesional Amerika, yang digunakan untuk membuat, merekam, mencampur, dan menguasai musik dan audio lainnya. 


Anda bisa kunjungi websitenya, jika tertarik mempelajari lebih lanjut.




5. Cubase (Steinberg)


Definisinya sama ya, seperti FL Studio dan Studio One... CUBASE ini juga termasuk DAW.

Perangkat lunak DAW yang dikembangkan oleh Steinberg dan dirilis April 1989, bisa dibilang paling veteran... 

Saat ini Cubase tidak hanya tersedia di desktop saja, melainkan juga di Mobile, walau baru baru ini sih.. karena dulu saya belum menemui CUBASE mobile ketika saya beli FL Studio Mobile di platform android.

 

Tentu karena ini DAW, maka perangkat lunak ini bisa dihubungkan dengan Midi Controller... :) , Tentu juga bisa diinstal VST...:)


Jika anda tertarik mempelajarinya, anda bisa berkunjung ke websitenya.


Untuk sistem operasi yang didukung sih, untuk saat ini ketika artikel ini rilis.... hanya ada Windows dan MacOS...





Sebenarnya saya rasa ada banyak banget lainnya... tetapi yang sempet tulis dan inget ya itu.. :) 

Ternyata Software Pengolah Audio ada banyak ya.. :) 


Inget "Pengolah" ini General ya.. :)



Ada inspirasi software lain... ? bisa disambung di kotak komentar...



TY