Apa saja Sistem Operasi Komputer / PC / Laptop yang Kamu Ketahui?

Sistem Sistem Operasi PC yang saya ketahui ada beberapa, ada yang berbayar dan free...ini yang akan saya bagikan jawabannya untuk anda.



OS
Ilustrasi Sistem Operasi Komputer


 

Apa Sih Itu Sistem Operasi (OS)?



Kebanyakan orang tahu bahwa mereka menyukai satu atau yang lain tetapi mungkin tidak dapat menunjukkan dengan tepat apa yang sebenarnya mereka sukai dari mereka.


Mereka mungkin mengatakan bahwa mereka menyukai prompt perintah tertentu, atau mereka menikmati beberapa perangkat lunak pra-instal, tampilan dan nuansa perangkat keras, aplikasi atau sistem yang dapat mereka unduh, atau bahkan browser web pra-instal.


Tetapi kenyataannya adalah bahwa fitur OS tidak segera jelas bagi sebagian besar pengguna. Sumber daya untuk membantu pengguna memahami elemen pemrosesan dan interaksi yang berbeda dari OS favorit mereka membantunya menjadi lebih mudah untuk digunakan.



Pelajar (khususnya pelajar daring), pekerja lepas, kontraktor, dan siapa saja yang memiliki ponsel, komputer, atau tablet harus mempelajari berbagai OS sehingga mereka dapat memilih komputer dan OS yang sesuai dengan kebutuhan mereka.


Jika Anda berencana untuk belajar TI di sekolah dan mengejar karir TI, Anda pasti menginginkan pengetahuan yang kuat tentang OS untuk memastikan Anda siap untuk semua keterampilan yang Anda perlukan untuk sukses di bidang Anda.




Lalu, Apa Sih Tujuan dari Sistem Operasi?



Sistem operasi berisi dan mengelola semua program dan aplikasi yang dapat dijalankan oleh komputer atau perangkat seluler, yang berarti mengelola fungsi perangkat lunak dan perangkat keras. Fungsi OS antara lain :

  1.     Booting: Booting adalah proses menyalakan komputer dan menyalakan sistem.
  2.     Manajemen memori: Fitur ini mengontrol dan mengoordinasikan aplikasi komputer sambil mengalokasikan ruang untuk program.
  3.     Memuat dan mengeksekusi: OS Anda akan memuat, atau memulai, sebuah program dan kemudian menjalankan program tersebut sehingga program tersebut terbuka dan berjalan.
  4.     Keamanan data: OS yang baik mencakup fitur-fitur yang menjaga data Anda tetap aman dan program komputer tetap aman. Fitur keamanan disiapkan untuk mencegah penyerang siber yang tidak diinginkan.
  5.     Manajemen disk: Ini mengelola semua drive yang terpasang di komputer, termasuk hard drive, drive disk optik, dan flash drive. Manajemen disk juga dapat digunakan untuk membagi disk, memformat drive, dan banyak lagi.
  6.     Manajemen proses: OS Anda dirancang untuk mengalokasikan sumber daya ke berbagai proses komputer, memungkinkan proses untuk berbagi informasi, melindunginya, dan menyinkronkannya.
  7.     Kontrol perangkat: OS Anda akan memungkinkan Anda untuk membuka atau memblokir akses ke perangkat seperti perangkat yang dapat dilepas, CD/DVD, perangkat transfer data, USB, dan banyak lagi.
  8.     Kontrol pencetakan: Sebagai perpanjangan kontrol perangkat, OS Anda mengontrol printer yang terhubung ke komputer, dan materi yang perlu dicetak.
  9.     Antarmuka pengguna: Juga disebut sebagai UI, ini adalah bagian dari OS yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan dan menerima informasi. Ini dapat dilakukan dengan perintah yang diketik, kode, dan format lainnya.



Lima Sistem Operasi Paling Populer di Jagat Raya Ini...



Ada lima jenis utama sistem operasi. Kelima jenis OS ini kemungkinan besar yang menjalankan ponsel, komputer, atau perangkat seluler lainnya seperti tablet. Baik Anda hanya pengguna komputer dan telepon biasa atau seseorang yang ingin terlibat dalam karir TI, pengetahuan tentang jenis aplikasi dan sistem akan membantu Anda menjaga keamanan dan akses pengguna, melakukan operasi rutin, dan banyak lagi.



Microsoft Windows



Dari beberapa penelusuran saya di Internet, OS Windows telah ada sejak tahun 1980-an dan telah memiliki beberapa versi dan pembaruan (termasuk Windows 95, Windows Vista, Windows 7/8/10, dll.)


Microsoft Windows adalah salah satu jenis sistem operasi yang populer dan dimuat di sebagian besar sistem operasi baru. perangkat keras komputer. Dengan setiap pembaruan atau rilis Windows baru, Microsoft terus berupaya meningkatkan pengalaman pengguna, perangkat keras, dan perangkat lunak mereka, membuat Windows lebih mudah diakses dan digunakan.


Microsoft Windows berisi panel kontrol, asisten desktop dan desktop, pembersihan disk, penampil acara, dan banyak lagi. Banyak pengguna lebih memilih Microsoft Windows karena mereka mengatakan itu kompatibel dengan banyak jenis perangkat lunak lainnya. Banyak jenis program komputer berjalan paling baik di Microsoft Windows karena dikembangkan oleh Microsoft.




Apple macOS



Head-to-head dalam persaingan dengan Microsoft Windows adalah macOS Apple. macOS dan Windows keduanya merupakan contoh sistem operasi berpemilik, artinya perusahaan membuat konsep, merancang, mengembangkan, dan sekarang menjual OS mereka sendiri. Mereka dirancang dan dijual oleh perusahaan dan tidak dimaksudkan untuk dirusak atau diubah oleh pengguna. Komputer Apple dan Macintosh berjalan pada sistem MacOS dan OS X berpemilik, yang pertama diluncurkan 20 tahun lalu.


Ada juga versi atau pembaruan sebelumnya yang meliputi:

  • Kodiak (OS X 10 Beta)
  • Lion (OS X 10.7)
  • Mountain Lion (OS X 10.8)
  • Mavericks (OS X 10.9)
  • Yosemite (OS X 10.10)
  • El Capitan (OS X 10.11)
  • Sierra (macOS 10.12)
  • High Sierra (macOS 10.13)
  • Mojave (macOS 10.14)
  • Catalina (macOS 10.15)
  • Big Sur (macOS 11)



Produk macOS dan Apple/Mac juga dikenal dan disukai oleh penggunanya karena kemudahan penggunaan dan terus meningkatkan pengalaman pengguna, tetapi tentu ini tergantung masing - ,masing individu.


Tetapi dari beberapa pengguna yang memiliki pengalaman tentang hal ini mengatakan bahwa macOS memiliki Kecepatan pemrosesan yang cepat, antarmuka desktop yang sederhana, dan beragam sumber daya yang bermanfaat membuat pengguna senang dengan macOS. Banyak pengguna menikmati koneksi instan dengan komputer dan perangkat keras ponsel mereka, dan menikmati kurangnya bug dan peretas yang dikenal dengan sistem Apple.



Sistem Operasi Chrome OS


 

Chrome OS adalah sistem operasi berbasis Gentoo Linux yang dikembangkan oleh Google. Sistem operasi ini menggunakan Google Chrome sebagai antarmuka pengguna grafis utamanya. Tidak seperti lainnya, Chrome OS hanya berjalan pada pada perangkat keras tertentu dari mitra manufaktur Google yang berbawah nama Chromebook.

 

 


Sistem Operasi Linux.


 

Linux berbeda dari Windows dan Apple karena bukan perangkat lunak berpemilik, melainkan keluarga sistem sumber terbuka (opensource). Dengan kata lain, siapa pun dapat memodifikasi dan mendistribusikannya. Linux mungkin yang paling sedikit dikenal dalam daftar ini, tetapi gratis dan tersedia dalam banyak versi open source yang berbeda. Linux populer karena kemudahan penyesuaiannya dan menawarkan berbagai opsi bagi mereka yang mengerti cara menggunakannya. Jika Anda tahu cara menyesuaikan dan bekerja dengan sistem operasi, Linux adalah pilihan ideal. Dan jika pengkodean dan pekerjaan back-end semacam ini menarik bagi Anda, mungkin ide yang baik untuk membeli sistem Linux dan mulai memanipulasinya. 


Ada banyak sekali distro linux /  distribusi linux, Distribusi Linux adalah sebutan untuk sistem operasi yang dibangun dari Kernel Linux dan koleksi perangkat lunak dari sistem manajemen paket, ciri khususnya adalah Utilitas GNU. Pada umunya, berbagai distro Linux memiliki GUI yang berbeda-beda seperti Cinnamon, Pantheon, dan Unity.


Ini beberapa Distro Linux yang cukup Populer :

  1. Ubuntu
  2. Linux Mint
  3. Debian
  4. Arch Linux
  5. Lubuntu
  6. Kali Linux
  7. Tails
  8. openSUSE
  9. Elementary OS
  10. Gentoo Linux
  11. CentOS
  12. Deepin
  13. Peppermint OS
  14. Unity
  15. Pantheon
  16. Cinnamon


Apakah anda termasuk pengembang distro linux? sudah masuk dalam list? kalo belum.. anda bisa tambahkan ke kotak komentar supaya Distro anda menjadi lebih banyak dikenal.





Itu beberapa Sistem Operasi PC ya, bukan versi Mobile... yang saya tau.