Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Apa saja software Gratis untuk industri kreatif digital yang kamu ketahui?

Tak bisa dipungkiri lagi, sekarang ini merupakan jamannya era digital, tentu industri kreatif digital sedang naik daun bukan, karena banyak sekali dibutuhkan saat ini.

Software Gratis disini bukan setengah setengah ya, alias full Gratis..


opensource free software list
Free Apps



Anda bisa download dan gunakan serta pada beberapa foundantion, mereka juga membuka kesempatan bergabung untuk ikut mengembangkan software.


Bagaimana? menarik? kebanyakan software memang didistribusikan juga secara opensource, jadi komunitas juga bebas melakukan pengembangan terhadap software tersebut,.

Apa saja sih Software Gratis, Full Gratisss! yang saya ketahui..

Berikut ini beberapa software yang pernah saya coba... bahkan sekarang juga saya gunakan.



1. Software Editor 3D Animasi dan Modeling : Blender 3D


Ini merupakkan software untuk Pengolahan 3D, baik itu Modelling, Rigging, Animation, Texturing, Sculpting, dan Berbagai kegiatan studio Animasi. Dengan software ini, banyak karya 3D Animation yang Epic dan Menarik, dengan Budget yang dapat dihemat untuk Produksi. Sehingga banyak pendatang baru juga yang dapat berkarya dengan lebih leluasa. Banyak ide ide brilian lahir dari sini..

Banyak kreator - kreator baru yang terbantu untuk dapat berkarya dan menuangkan kreativitasnya...

haal ini benar benar berbeda ketika 10 tahun silam... 

Bahkan komunitas pun ikut mendukung para pemula atau pemain baru... ini sangat positif sekali menurut saya... berbagai manual book, dan video tutorial  banyak sekali...

Walau dari luar negeri, tetapi ini sangat bermanfaat, terutama untuk pemula..


A. Blender Guru, anda bisa subscribe Blender GURU CHANNEL


Ini merupakan sample videonya, dulu saya belajar juga dari sini... dan ini memang konsisten untuk memberikan tutorial sseputar blender, sesuai dengan namanya "Blender Guru"



B. Blender 3D Official, anda bisa subscribe channel Blender 3D Official

Seperti namanya, ini merupakan channel officialnya Blender 3D, kebanyakan disini upload Showcase nih.. bisa buat inspirasi anda juga.

Berikut ini sample videonya..




C. Blender Animation Studio, anda bisa subscribe Channel Blender Studio


Ini banyak sekali WIP (Work in Progress View), anda bisa lebih explore dan membuka wawasan baru... jadi disini lebih ke memperlihatkan proses pembuatan.. Anda bisa belajar banyak disini.. "tentang proses produksi 3D Animation". Saya lihat uploadnya sangat konsisten..









Tetapi, walau demikian, sekarang juga mulai bermunculan kreator dari indonesia yang membuat tutorial Blender 3D. Setidaknya hal ini dapat membantu pemula yang kesulitan dalam bahasa.

Dulu saya pernah mereview software ini, anda bisa menyimaknya disini.


2. Software Ilustrasi Art 2D : Krita

 

Ini merupakan partner yang tepat untuk membuat art atau gambar 2D. Tampilan bentuknya ketika pertama kali kita instal dulu sih, serasa pakai adobe photoshop.

Fitur utama dari krita ini saya rasa merupakan painting atau brush.

 

 

3. Software Editing Video : Kdenlive Video Editor

 

Kdenlive ini merupakan software yang bisa kita gunakan untuk menunjang kegiatan video editing dengan beragam fitur nya ini dapat diandalkan untuk editing video dasar.

Walaupun demikian, di kdenlive anda sudah bisa melakukan keying / chroma key,  editing dinamis, overlay, hamparan dan support banyak format karena kdenlive menggunakan ffmpeg.


Mau edit video MKV? Tenang di kdenlive bisa!


 

4. Software Pengolah Desaain Grafis Vektor : Inkscape

 

Vektor merupakan desain grafis yang yang tidak memiliki keterbatasan pixel, artinya walaupun dibesarkan sebesar mungkin maka desainnya tidak akan pecah. Dan inkscape ini ini berguna untuk mengolah desain grafis berupa vektor tersebut. Frien, fitur-fitur inkscape tidak bisa dianggap remeh, sebagai software dengan predikat sebagai software gratis, Saya rasa inscape ini sudah sangat powerfull untuk mendukung kegiatan desain grafis vektor.

Inkscape sudah mendukung banyak fungsi dasar software desain grafis vektor, seperti tracing bitmap, pen brush, shapping, dan berbagai fungsi ruler seperti isometrik.

 

Jadi bisa anda gunakan untuk membuat desain vektor isometrik.

 

Sebagai pembanding, inkscape ini seperti anda menggunakan adobe illustrator, atau corel draw yang merupakan software dikenal sebagai pengolah vektor.

 

5. Software Pengolah Desain Grafis Raster : GIMP

 

sebagai software pengolahan grafis raster gimp memiliki kemampuan banyak Untuk memanipulasi, Dan inilah yang menjadi kelebihan software berbasis raster, Dia sangat baik untuk memanipulasi Bitmap atau foto. gimp sebagai software yang gratis dan open source bisa melakukannya. Anda Bahkan bisa melakukan pemotongan background foto sekaligus menggantinya dengan background lain, atau hanay Menyeleksi bagian tertentu pada foto, untuk anda gabungkan dengan foto lainnya. Sepertj yang anda lakukan di Adobe Photoshop.

 

6. Software Editor Kode Program : ATOM

 

Software Atom io ini sangat powerful untuk mendukung keperluan ngoding kalian..

 Beragam fitur dasar dan autocomplete nya lumayan membantu mempercepat ngoding sih.

 

Pada beberpa kesempatan, anda juga dapat menggunakan plugin tambahan yang dikembangkan komunitas, seperti beautify... untuk memperindah koding sobat.

 

Anda pun juga bisa find and replace dengan sangat mudah di atom io ini..

 

Split screen? Bisa banget.. saya udah pernah coba 4 sisi..

Atas kanan, atas kiri, bawah kanan, bawah kiri..

 

Dan ini cocok buat contek koding kita sebelumnya.. :)

 


 

7. Software Editor Kode Program : NOTEPAD ++

 

Ini juga software yang  mendukung anda dalam melakukan coding program entah itu berbasis web maupun berbasis desktop. Notepad plus-plus ini dikenal sebagai software yang sangat ringan, dari pengamatan saya ini lebih ringan dari atom IO

Jika anda mencari software untuk ngodding yang ringan dan tidak memberatkan komputer anda, ukuran filenya juga kecil  ya inilah software yang tepat.

 

 

 

8. Software FTP: FileZILLA

9. CMS Website : Wordpress

10. Software Converter MP4 : Handbrake

11. Software Editing dan Recording Audio : Audacity

12. Operating System : LINUX ( Debian, REDHAT, UBUNTU, dll )

13. Software Office / Dokumen Perkantoran : Libre Office

14. Software untuk membuat Aplikasi Android : Android Studio 

15. Software untuk Compositing di PC : Natron



Menarik khan? beberapa software diatas, banyak yang sudah diakui, bahkan pelaku industri professional, seperti BLENDER 3D, merupakan software  yang sangat powerful... bahkan Adobe INC saja berdasarkan info, ikut bergabung memberikan donasi ke pengembangan Blender.


Blender 3D bahkan juga sudah banyak dijadikan sebagai CORE Software bagi banyak Studio Animasi.



Halaman ini bisa anda Bookmark untuk mendapat update terbaru.. :) insyaAllah.




Moga Bermanfaat Bro Jawaban ini...












Posting Komentar untuk "Apa saja software Gratis untuk industri kreatif digital yang kamu ketahui?"