Set Up Linux Environment di Chromebook Online atau Offline?

 

Ini pertanyaan yang cukup menarik, terutama untuk teman teman yang mungkin baru mengenal chromebook, maupun bagi yang belum memiliki chromebook, sebagai bahan pertimbangan sebelum memasuki dunia per chromebookan.. hehe


Cara Mengaktifkan Linux Environment atau Lingkungan Linux


Di Channel Youtube RahmanCyber.NET sudah kita bahas, cara untuk mengaktifkan maupun menonaktifkan. Sekaligus cara mudah untuk melakukan installasi Software Linux dari APT Debian atau repositorynya Debian..

 

 Cara Mengaktifkan Linux Environment



 

Cara Aman menonaktifkan Linux Environment

 


 

Potensi Chromebook sangat besar sekali, makannya kalo ada Chromebook yang sudah memakai SSD dengan Kapasitas yang besar, maka mungkin bisa jadi rebutan banyak orang... :)

Sayang sekali, chromebook yang masuk ke indonesia masih sebatas 32gb dan beberapa 64gb cuman ya lumayan mahal... entahlah..

Padahal saya baca coba searching di luar negeri, perbedaan 32gb dengan 64gb selisihnya cuman beberapa dollar aja.. :) gak sampai 100 dollar, alias 1.5jutaan... palingan cuman 50 dolar.. hehe...



 


Apa itu APT? 

 

Advanced Package Tool (disingkat APT) adalah manajer paket berbasis baris perintah utama pada Debian dan turunannya. 

Ubuntu juga memiliki perintah yang mirip, karena ubuntu merupakan turunan dari Debian, seperti halnya STEAM OS juga turunan debian..


jadi sebenarnya ini sedikit pengetahuan tentang dunia linux..

bahwa DEBIAN itu layaknya seorang Ibu.. yang memiliki banyak anak...


hehe..


Jadi sangat tepat sekali jika CHROMEOS, menjadikan Linux Debian sebagai Environment utama untuk linux saat ini..

Walau dulu pernah juga pakai ubuntu.. tapi jaman dahulu kala.. sebelum beralih ke GENTO... yang memang mudah untuk dikombinasikan..


Ini artikel cuplikan...

Pada Februari 2010, Google beralih pengembangan Chrome OS-nya dari Ubuntu ke Gentoo Linux untuk menggunakan sistem manajemen paket Portage karena "kebutuhan untuk membangun build tertentu dan peningkatan peralatan yang semakin mendesak" dan "Portage ditemukan sangat sesuai dengan kebutuhan kami"


Makannya, ChromeOS itu bisa dipasang Android, bisa dipasang Linux Environment Debian...

kalo saya memahaminya, GENTOO itu kayak robot yang bisa dipasang berbagai equipment.. hehe..

Saya pernah membahas lebih detail tentang Gentoo linux disini.



Mengaktifkan Lingkungan Linux perlu Online kah?


Enggak dong, seperti yang saya jawab di pertanyaan mas Rythm...  intinya ketika kita mengaktifkan lingkungan linux itu, kita bisa offline.. gak butuh koneksi internet..


Nah cuman pas mau install software, misalnya Install Inkscape melalui terminal linux, maka kita kan butuh download paketnya dulu, baru nantinya akan melakukan installasi secara otomatis...


Cuman, jika anda memakai AppImage, ini anda bisa menjalankannya langsung...


Penjelasan lengkap, ada disini..



Jadi anda perlu download file AppImage yang dibutuhkan, ntar kumpulin di flashdisk, abis itu bisa dijalankan di chromebook, untuk mengatasi masalah penyimpanan yang terbatas banget, karena hanya 32gb,


kita bisa memakai SD CARD untuk menampung file Aplikasi AppImage yang sudah kita kumpulkan di flashdisk, dan anda bisa jalankan secara offline..


Contoh pengaplikasiannya, saya sematkan di video pembahasan yang mengulas banyak Aplikasi Desain di Chromebook ini..



Saya sudah sajikan juga beberapa pembahasan lain, cuman kadang terselip dalam tiap tiap video, jadi bisa anda tonton satu persatu, untuk mengenal dan memaksimalkan chromebook sobat.