Bagaimana Membuka File XPS di Komputer Sistem Operasi Windows?

QueSearch Windows - File ekstensi XPS merupakan file ekstensi untuk dokumen, seperti halnya pdf gan.. , kalo dari sumber keilmuan, kira kira pengertiannya seperti ini 

XML Paper Specification adalah spesifikasi untuk page description language dan format fixed document yang awalnya dikembangkan oleh Microsoft yang kemudian distandardisasi oleh Ecma International sebagai standar internasional ECMA - 388 | Wikipedia


xps viewer opsional
XPS Viewer

Untuk membukanya, kalian perlu aktifkan XPS viewer di Optional Feature sesuai gambar diatas, kalian bisa menuju setting, terus kalian ketikkan saja "Optional Feature"

sebelumnya kalian bisa pilih ini


optional feature
Optional Feature Windows



Pengertian XPS

Jadi itu merupakan format yang dikembangkan oleh Microsoft.. Makannya kita cukup familiar di Sistem Operasi Windows. Hanya aja memang kita lebih terbiasa dengan PDF sebagai format dokumen.

Sama halnya dengan PDF, XPS ini kalian tidak perlu install font yang sama dengan mesin yang digunakan untuk pembuatan dokumen tersebut, sehingga ini juga sangat portabel bisa dibuka siapapun, asalkan memiliki pembaca XPS.

XPS ini tersedia secara default di Windows sejak Windows 7, setelah itu sampai sekarang XPS masih menjadi bawaan untuk user bisa membaca dan membuat distribusi file dokumen XPS.

Format XPS sendiri terdiri dari markup XML yang menentukan komposisi dokumen dan tampilan visual disetiap halaman bersama dengan beragam aturan rendering untuk menampilkan atau mencetak dokumen.


Format Dasar XPS


Format dasar XPS ini sebenarnya adalah arsip ZIP, sehingga jika teman teman mengganti ekstensi dokumen XPS ke ZIP maka kalian akan melihat file konstituen berisi data dokumen seperti file halaman dokuman (.fpage) yang berisi konten dokumen dan pengaturan format dokumen dimana setiap halaman dokumen XPS memiliki satu file FPAGE,  file pengaturan dokumen (.fdoc) untuk menyimpan pengaturan pengaturan arsip XPS , file fragment dokumen (.frag) Menentukan pengaturan file XPS aktual dan setiap halaman dalam dokumen memiliki file fragnya sendiri.








Karena file ini dapat menyimpan beragam konten dokumen, jadi memungkinkan seseorang yang tidak memiliki font yang sama di mesinnya, maka XPS viewer akan tetap merender font asli. Hal ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa File markup XML dapat disertakan :

Halaman, Teks, Font. Gambar Raster, Grafik Vektor, Manajemen hak digital

yang membentuk package saling berelasi..  


Referensi https://ecma-international.org/publications-and-standards/standards/ecma-388/

https://en.wikipedia.org/wiki/Open_XML_Paper_Specification#Viewing_and_creating_XPS_documents


XPS vs PDF Who Win?

Walaupun dulu XPS ini menjadi bawaan Windows sejak Windows 7, Tetapi saat ini ketika saya sendiri menggunakan Windows 11 , ternyata XPS perlu diaktifkan secara manual di opsi fitur.

Mengejutkannya ketika saya coba klik kanan browser untuk mencetak file dokumen web, ternyata pilihannya jatuh pada PDF.

Memang File XPS itu jauh lebih besar ketimbang file PDF, selain masalah kompatibilitas dan file XPS tidak diadopsi secara luas seperti file PDF. tentu hal ini dapat menimbulkan masalah kompatibilitas ketika berbagi file XPS dengan platform OS berbeda.

Tetapi karena format XPS ini dikembangkan oleh microsoft, maka hal in akan mempermudah untuk membuat , melihat, dan mencetak file XPS di Sistem Operasi Windows.


Karena memang eklusif tersebut, maka beberapa software yang saya miliki tidak dapat menyimpan ke format XPS tetapi bisa ke format PDF yang memang lebih mendunia dan tidak terbatas dalam penggunaan di kalangan tertentu. Contohnya Affinity Designer, Photo, dan Publisher. Mereka mendukung penyimpanan ke PDF.


affinity pdf
affinity pdf




Saya sendiripun memang lebih terbiasa memakai PDF ketimbang XPS, terutama jika untuk urusan ke percetakan :)